Surat Sapaan Pastoral (25 Maret 2020)

Umat Paroki HKTY Ganjuran yang senantiasa diberkati Tuhan.

Salam Sehat dan Berkah Dalem

Masa darurat wabah Covid-19 telah membuat seluruh kegiatan keagamaan bahkan kemasyarakatan ditiadakan. Peristiwa ini menjadi tantangan kemanusiaan sekaligus tantangan iman. Berada di rumah membuat kita tidak dapat bertemu secara langsung. Melalui surat ini, saya menyapa Saudari-saudara sekaligus menginformasikan beberapa hal:

A. Umum

1. Kompleks Gereja HKTY Ganjuran

  • Gereja, Kapel Adorasi, dan Candi HKTY Ganjuran, mulai tanggal 26 Maret sampai dengan 30 April 2020 DITUTUP, sehingga tempat parkir kendaraan, termasuk warung-warung ditutup.
  • Jam Kerja Kantor Sekretariat adalah 08.30 – 16.30 WIB.
  • Apabila ada tamu yang berkunjung untuk urusan Kesekretariatan dan pelayanan, serta berdoa pribadi, kendaraan di parkir di dekat pos Satpam dan selanjutnya mencuci tangan di wastafel di dekat pintu gerbang atau pendopo Thekle.

2. Tetaplah menjaga kesehatan dengan mematuhi instruksi dari pihak yang berwenang tentang cara memelihara kesehatan seperti menjaga kebersihan, meningkatkan autoimun (kekebalan diri), melakukan physical distancing (menjaga jarak), dan semacamnya. Yang sakit silakan mengarahkan diri ke perawatan medik sesegera mungkin.

3. Hendaknya menggunakan saat prihatin ini, baik secara pribadi maupun terlebih bersama keluarga;

  • Mendalami renungan Prapaskah, juga mengikuti Misa mingguan dan terutama Pekan Suci secara online.
  • Mendoakan satu sama lain, yakni Doa Mohon Perlindungan Allah dari wabah virus Corona yang didoakan setelah Doa Angelus, merenungkan Sabda Tuhan dan saling berbagi pengalaman iman dalam keluarga. Kepala keluarga sebagai pemimpin rohani keluarga sebaiknya mengajak anggota keluarganya agar saling meneguhkan dalam iman, harapan, dan kasih serta bersama mendalami ajaran iman Katolik. 
  • Membangun solidaritas sosial (menggunakan dana sosial dan atau kas lingkungan) bagi saudari-saudara sekampung yang terdampak langsung oleh kebijakan tanggap darurat ini, seperti berbagi multivitamin, masker, dan desinfektan. 
  • Bagi lingkungan yang kurang mampu dapat menyampaikan kepada Tim Pengelola Dana Sosial Paroki. 
  • Paroki melalui Tim Pengelola Dana Sosial, meningkatkan rasa solidaritas, kepedulian, dan tanggungjawab kita dalam melawan virus corona dan dampak sosialnya, serta ambil bagian dalam gerakan KAS Peduli Negeri dengan memanfaatkan dana Kesehatan dan Bencana serta dana 50 % APP dan umat yang berbagi.

B. Khusus

1. Perayaan Sakramen dan Sakramentali
1.1 Pelayanan Sakramen Ekaristi

  • Paroki tidak mengadakan misa live streaming (youtube). Ikuti saja saluran-saluran siaran yang tersedia, khususnya siaran dari Komsos KAS, dengan memenuhi tatacara mengikuti misa online melalui live streaming (youtube) dan radio atau Televisi.
  • Kami akan mengadakan misa privat dalam komunitas baik harian maupun mingguan, terutama selama Pekan Suci dengan panduan dari Komisi Liturgi KAS, dengan ujud demi kesehatan dan keselamatan seluruh umat-masyarakat dan bangsa kita. Khusus misa hari Senin, Rabu dan Jumat Pk. 06.00 WIB, akan kami siarankan langsung melalui instagram: @krisnofx.

1.2 Pelayanan Sakramen Baptis

  • Sakramen baptis dewasa dan penerimaan jemaat Kristen ke Gereja Katolik yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 April ditangguhkan sampai situasi dan kondisi memungkinkan.
  • Sakramen baptis bayi bulan April dan Mei ditiadakan.

1.3 Pelayanan Sakramen Pernikahan

  • Pernikahan yang direncanakan pada bulan April ditiadakan.
  • Apabila semuanya sudah tidak bisa ditunda, termasuk pernikahan yang direncanakan pada bulan Mei, dapat dilakukan dengan cara sederhana (Minimal 5 orang – maksimal 10 orang), sehingga segera berkoordinasi dengan Romo yang akan meneguhkannya.

1.4 Sakramen Pengurapan Orang Sakit dan Pemberkatan Jenazah Pelayanan sakramen pengurapan orang sakit dan pemberkatan jenazah (tanpa mencantumkan waktunya) tetap dilayani dengan memperhatikan unsur keamanan kesehatan, kecuali ditentukan lain oleh Dinas Kesehatan.

1.5 Semua kegiatan bersama mulai tanggal 26 Maret sampai dengan 30 April 2020 (Misa ujud, Pendalaman iman dan pertemuan-pertemuan lain yang mengumpulkan umat/massa) ditiadakan.

2.Pelayanan Pastoral lain
Untuk keperluan pastoral lain, umat bisa berkomunikasi secara online, dengan Rm. FX. Krisno Handoyo, Pr (081326077753) atau Rm. H. Rony Suryo Nugroho, Pr (081226536765), juga yang berkaitan dengan kesekretariatan (085226187657).

Demikianlah sapaan pastoral ini. Semoga kita dengan berkat Hati Kudus Tuhan Yesus menghadapi masa tanggap darurat ini dengan baik. 

Ganjuran, 25 Maret 2020
Salam sehat, Berkah Dalem.


 (FX. Krisno Handoyo, Pr)
Pastor Paroki HKTY

File : Surat Sapaan Pastoral (25 Maret 2020).pdf

Komentar