Kemeriahan Ekm Di Gereja Paroki Hkty Ganjuran

HKTY, Ganjuran- Ratusan Orang Muda Katolik yang datang dari Paroki HKTY dan luar paroki untuk mengikuti misa EKM. Ekaristi Kaum Muda (EKM) diselenggarakan oleh OMK Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus, Ganjuran. Misa EKM dengan tema “Sing Penting Kowe Seneng, Aku Gampang”dipimpin oleh Romo FX. Krisno Handoyo, Pr selaku romo kepala paroki HKTY, Ganjuran, Sabtu 23/02/2019.


“Misa EKM ini sebagai wadah untuk misa kaum muda dengan gaya dan ekspresi anak muda. EKM ini sebagai tanda penutup anjangsana OMK paroki dan pembuka anjangsana ke OMK wilayah-wilayah dan lingkungan yang ada di paroki HKTY. Anjangsana ini tujuannya supaya para OMK di paroki saling mengenal dengan OMK yang ada di wilayah dan lingkungan.
Banyak para OMK di antaranya anak-anak SMA ke atas yang datang untuk mengikuti misa EKM. Sedangakan tujuan diadakan EKM ini untuk meningkatkan kecintaan kaum muda terhadap Ekaristi sebagai puncak iman Katolik dan saling mengenal OMK satu dengan yang lain.


Perayaan EKM ini tidak jauh berbeda dengan perayaan misa-misa yang lain. Misa EKM ini dikemas dengan gaya orang muda, meriah, di sini banyak lilin-lilin yang diletakkan di halaman gereja, tetapi dengan liturgi yang sama dan menghayati Ekaristi. Sebelum misa Ekaristi dimulai umat diajak untuk melihat fragmen yang dipertunjukkan oleh orang muda Katolik yang mengisahkan kehidupan anak muda di zaman sekarang. Semoga kegiatan EKM ini dapat dilaksanakan 4(empat) bulan sekali dengan harapan OMK untuk lebih aktif terlibat di dalam kegiatan gereja serta regenerasi orang muda terlibat emakin terus terjaga, ” Jelas Didit sebagai ketua panitia EKM.


Dalam homilinya, Romo Krisno menerangkan fragmen yang ditampilkan tadi sering terjadi dikalangan orang muda saat ini dan ramai mereka masih berada di jalan yang gelap (misal Narkoba, minum-minuman keras). Romo juga mengajak orang muda Katolik untuk lebih kreatif dalam membangun gereja masa depan. Dengan adanya acara ini sebagai kaum muda merasa bangga serta terpanggil menjadi Katolik sejati.


Melalui kegiatan seperti EKM ini, Orang Muda Katolik diajak keluar untuk menunjukkan bakat atau talenta yang dimiliki oleh masing-masing anak, di mana hal ini menunjukkan cinta Allahitu sendiri. Karena di dalam kegembiraan itu, Allah hadir di tengah-tengah kita. Semoga dengan kegiatan ini yang semakin semarak membuat OMK punya rasa hormat dan sembah bakti dalam memuliakan Allah dalam Liturgi.


Ekaristi merupakan suatu bentuk penghormatan dan cara mengenang Tuhan Yesus. Melalui Ekaristi kita dapat mengenang dan merasakan hadirnya diri Tuhan di tengah-tengah kita. Dengan kegiatan seperti ini dapat mempererat tali persaudaraan sesama umat Katolik. Kegiatan ini juga merupakan tombak bagi kelangsungan dan kehidupan gereja, sebagai kaum mudaa yang memiliki semangat untuk membangun gereja dan kegiatan ini merupakan salah satu wujud perbuatan yang konkret bagi gereja.


Setelah acara misa EKM selesai dilanjutkan dengan acara pentas seni dari para anak-anak muda dari lingkungan dan wilayah serta penampilan dari paroki di luar paroki HKTY di antaranya dance performance, Band performance, dan Gelas Kaca, dll. Dengan adanya pentas seni para OMK saling kenal satu dengan yang lain.