PERAYAAN MISA HARI ORANG SAKIT SEDUNIA DI GEREJA HKTY GANJURAN

19 Februari 2017
oleh: Buletin Ganjuran
share

Gereja Katolik memiliki perhatian khusus terhadap orang sakit. Hal itu sudah ditetapkan sejak 13 Mei 1992 oleh Paus Yohanes Paulus II dan mulai dirayakan pada 11Februari 1993. Pada hari  Minggu 12 Februari 2017 Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran juga merayakan perayaan Hari Orang Sakit Sedunia yang ke 25 dipimpin 15 Romo dengan Selebran utama Romo TS Wignyosoemarto MSC dan dihadiri kurang lebih 2000 umat. Didalam misa ini umat yang sakit diurapi dan didoakan secara khusus agar penderitaan sakit yang diderita menerima rahmat Tuhan Yesus Kristus.

Pada awalnya perayaan ekaristi dilakukan di pelataran Candi HKTY Ganjuran akan tetapi karena hujan yang mengguyur, maka perayaan Ekaristi dipindah di gedung Gereja. Kendati demikian, misa tetap dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.

Setelah misa selesai, panitia Hari Orang Sakit Sedunia Paroki HKTY Ganjuran mengajak umat untuk berbagi dengan sesama dengan kegiatan donor darah dan  cek kesehatan gratis.

Pada Misa Hari Orang Sakit Sedunia di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran ini suasana yang paling mencolok adalah adanya pesta mbubur atau makan bubur bersama-sama sebagai wujud belarasa  kepada saudara-saudara yang sakit dan hanya dapat memakan bubur. Pesta mbubur ini disediakan oleh masing-masing wilayah di paroki HKTY Ganjuran sehingga semua umat yang mengikuti perayaan Ekaristi baik yang ikut misa maupun peziarah dapat mencicipi hidangan bubur yang disediakan oleh wilayah di paroki HKTY Ganjuran. (Manggala Putra)

pic: Antonius J. Haryono