Mengintip Tuhan di Pendopo Ganjuran

27 Agustus 2015
oleh: karisma
share

Apabila Anda berkunjung ke Ganjuran pada hari-hari ini, di tengah-tengah pendopo Ganjuran akan Anda lihat miniatur rumah unik terpampang di atas meja yang mengundang setiap orang untuk melihat ke dalamnya. Sekilas terlihat seperti maket arsitektur sebuah rumah tanpa jendela dengan pintu tertutup rapat yang hanya menyisakan lubang kunci untuk dapat melihat hal yang ada di dalamnya. Tanpa membaca instruksi yang tertera pada bagian depan rumah mini tersebut, siapa saja yang mendekat akan tergoda untuk mengintip 'misteri' di dalamnya dari lubang kunci yang ada.

Rumah mini tersebut merupakan instalasi karya seni videografi karya Antonius Janu Haryono yang dipamerkan bersama dengan pameran fotografi di gereja Ganjuran. Karya seni bertajuk Mengintip Tuhan tersebut ingin mengangkat nilai inkulturasi yang kental dihidupi di Paroki Ganjuran ini. "Saya ingin menyajikan karya videografi ini dengan memvisualisasikan sosok Yesus Kristus Raja dengan pakaian Jawa yang merajai semesta alam," jelas Janu menerangkan. Latar belakang tiga dimensi yang ditampilkan di dalam ruangan rumah mini tersebut memberikan kesan patung Kristus Raja dalam nuansa Jawa di dalam ruangan tersebut menjadi lebih hidup. Video tata surya yang melatari tahta Kristus di dalam ruangan gelap teresebut dengan jelas menunjukkan Yesus Kristus yang menjadi penguasa alam semesta dan segala isinya.

"Tindakan mengintip dalam karya seni ini ingin menyimbolkan bahwa manusia harus berusaha untuk dapat berjumpa dengan Penciptanya, selain itu keterbatasan pandangan dalam mengintip tersebut menunjukkan Allah yang selalu menjadi misteri bagi setiap manusia, " tegas Janu memperjelas. Salah satu keunikan dalam karya ini adalah adanya filter pada kedua lumbang kunci karya tersebut yang membuatnya menjadi kaca mata tiga dimensi untuk dapat menikmati video latar belakang instalasi tersebut. Patung Kristus Raja dengan busana raja Jawa yang menunjukkan HatiNya yang Mahakudus tersebut memberikan suasa dimana Raja yang welas asih mencurahkan berkat dan kasihNya kepada semua ciptaan di alam semesta ini.

Karya seni ini akan dipamerkan di pendopo Ganjuran hingga tanggal 31 Agustus bersamaan dengan berakhirnya pameran fotografi ketiga oleh komunitas fotografi Ganjuran. Instalasi karya seni unik ini merupakan karya pertama yang dipamerkan bersamaan dengan pameran fotografi Paroki Ganjuran. Karya yang menyedot perhatian banyak umat dan peziarah yang hadir di Ganjuran tersebut memberikan inspirasi tersendiri bagi penghayatan pada devosi Hati Kudus Tuhan Yesus. Semoga pada waktu yang akan datang semakin banyak karya-karya seni religius yang dapat dipamerkan pula di Paroki Ganjuran.