Keceriaan Lomba Anak Paroki Ganjuran

22 Agustus 2015
oleh: karisma
share

Setelah perayaan Ekaristi Minggu, 16 Agustus 2015 yang lalu sejumlah anak-anak PIA sudah mulai berkumpul di Alula Stella Duce Ganjuran.  Gelak tawa dan keceriaan anak-anak tersebut terdengar riuh rendah diiringi lagu-lagu perjuangan yang semakin menyemarakkan suasaa. Banyak umat hilir mudik menemani dan menghantar putra-putrinya mendatangi aula tersebut yang akan menjadi tempat dilangsungkannya lomba-lomba dalam rangka perayaan hari kemerdekaan Indonesia serta hari ulang tahun Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran tersebut. Sebelumnya memang direncanakan bahwa perlombaan akan dilangsungkan di area Gereja Ganjuran, akan tetapi karena banyaknya peziarah yang hadir di Ganjuran pada saat itu akhirnya tempat perlombaan diubah menjadi di aula Stella Duce Ganjuran.

Sekitar pukul 10.00 pagi, acara yang dimotori oleh OMK, Misdinar, PIR, Pendamping PIA serta Katekis Paroki Ganjuran ini dibuka. Frater Hendri yang hadir pada pagi itu secara khusus membuka rangkaian acara lomba tersebut. “Semoga kita semua selalu bersemangat dengan penuh keceriaan dalam mengikuti perlombaan ini,” ungkap Frater Hendri dalam sambutannya. Perlombaan tersebut terbagi ke dalam tiga kategori lomba, yakni perlombaan untuk anak-anak PIA, Misdinar serta pra-komuni pertama. Tidak kurang dari dua ratus peserta lomba siang itu memenuhi ruang aula Stella Duce Ganjuran dengan penuh keceriaan.

Perlombaan untuk PIA adalah lomba mewarnai gambar serta lomba lari kelereng. Sedangkan untuk kategori misdinar, perlombaan yang diadakan adalah lomba paramenta atau lomba mempersiapkan peralatan Ekaristi. Anak-anak pra-komuni pertama yang menjadi kategori tersendiri terbagi-bagi dalam kelompok-kelompok kecil dan setiap kelompok berkompetisi dalam lomba makan kerupuk beregu, lomba terong gandul dan lomba lari kelereng. “Yang penting dalam perlombaan ini, pesertanya dapat bergembira dan dapat belajar banyak hal,” ungkap Romo Yohanes Krismanto yang juga menyempatkan diri hadir bersama Romo Herman di sela-sela kesibukannya dalam pelayanan.

Semua perlombaan berjalan dengan lancar dan penuh suka cita. Peserta lomba mendapatkan pengalaman kegembiraan bersama dengan rekan-rekan separoki. “Hari ini lomba berjalan dengan lancar, hanya saja keterlibatan rekan-rekan muda dari lingkungan-lingkungan belum begitu kelihatan,” jelas Indantoko sebagai koordinator acara lomba dalam rangka kemerdekaan dan hari ulang tahun Paroki Ganjuran. Acara berlangsung sampai tengah hari dan diakhiri dengan santap siang bersama seluruh peserta dan panitia.